MENCERMATI BEDAH SKL UJIAN NASIONAL SMP/MTS
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUJI | CONTOH SOAL UN 2009/2010 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO. SOAL | SOAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.A | P.B | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama. | 1 | Menentukan isi dan bagian suatu paragraf | 1 | 47 | Pada saat seseorang akan membeli mobil, biasanya ia akan menghadapi kesulitan ketika harus memutuskan mobil yang akan dibelinya. Hal itu terjadi karena di pasar begitu banyak jenis mobil yang ditawarkan. Jika seseorang mempunyai dana yang berlebih, persoalannya tidak begitu rumit karena ia dapat tukar tambah mobilnya dengan mobil lain. Namun, jika mobil yang akan dibeli adalah mobil pertama dan dana yang dimiliki tidak banyak, kesulitan pun menghadang. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …. A. keputusan untuk membeli mobil B. penawaran mobil yang begitu banyak C. kesulitan yang dihadapi pembeli mobil D. persoalan rumit memiliki mobil | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Menentukan kritik terhadap isi bacaan | 2 | 48 | Tempat perjudian menggunakan internet yang berlokasi di apartemen eksklusif di Jakarta Barat digrebeg Direktorat Reserse Kriminal Polda Metro Jaya. Tak kurang dari 4 server, 43 CPU, dan 86 monitor disita dari tempat perjudian beromset ratusan juta rupiah perhari itu. Jaringan perjudian yang menginduk pada perjudian di Amerika Serikat itu dijalankan oleh O.W. (69) warga Tanahabang Jakarta Pusat. Dalam menjalankan aksinya, O.W. mengubah dua blok apartemen mewah miliknya menjadi tempat perjudian eksklusif. Dia juga merekrut belasan sarjana informatika dari sebuah universitas swasta terkemuka di Jakarta. Kritikan terhadap sikap para sarjana yang mau direkrut oleh O.W dalam teks tersebut adalah …. A. perlu waspada terhadap judi kelas kakap apartemen B. polisi terlalu tergesa-gesa membuat kesimpulan penangkapan pelaku judi C. bangga telah mampu menjelajah internet dengan berbagai permainan D. perlu waspada sebelum menerima pekerjaan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk | Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 3 dan 4!
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | 18 | Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah …. A. peristiwa gempa tektonik di Bengkulu B. lebih dari tiga kali gempa terjadi di Bengkulu C. jumlah korban jiwa dalam gempat tektonik D. korban kerusakan telah teridentifikasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | 19 | Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Menentukan kalimat fakta/pendapat | 7 | 21 | (1) Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines menerima dua dari lima belas pesawat yang dipesan dari China. (2) Kedua pesawat ini akan memperkuat armada Merpati. (3) Peswat ini diharapkan dapat meningkatkan citra maskapai penerbangan. (4) Pesawat baru ini mulai beroperasi tanggal 10 September 2007. Kalimat yang berisi pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor …. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Menyimpulkan isi paragraf | 5 | 20 | Majikan Ceriyati yang kabur dari lantai 25 apartemen, mulai menerima ganjaran atas perbuatan kejamnya. Senin (18/06) malam, Ivone Siew, majikan TKW asal Brebes itu, dijebloskan ke dalam tahanan polisi Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia. Siew akan menjalani pemeriksaan atas dugaan penyiksaan. Isi kutipan berita tersebut adalah … A. Seorang TKW kabur dari lantai 15 apartemen majikannya. B. Majikan ditahan karena menyiksa seorang TKW. C. Majikan diperiksa atas kekejaman terhadap pembantunya. D. Polisi bertindak tegas terhadap pelanggaran majikan rumah tangganya. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | 17 | Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba tidak dilakukan dengan tuntas. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja tanpa diketahui proses hukum berikutnya. Satu peristiwa yang mengoyak hati masyarakat adalah vonis 20 tahun penjara terhadap terdakwa pemilik hampir 1 ton narkoba yang ditemukan di Teluk Naga. Semestinya vonis yang dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba tersebut adalah hukuman mati atau seumur hidup. Informasi yang bertentangan pada kutipan teks berita tersebut adalah … A. Seharusnya vonis hukuman mati atau seumur hidup, kenyataannya lebih ringan dari itu. B. Vonis pemilik hampir 1 ton narkoba adalah hukuman mati atau seumur hidup. C. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja, tanpa proses hukum yang jelas. D. Peredaran gelap narkoba tidak ditangani secara serius sehingga mengoyak hati masyarakat. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Menentukan isi tajuk | Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 8 s.d. 11! Pengusaha Jepang sudah lima kali berencana berinvestasi ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, rencana pengusaha Jepang untuk menanamkan modalnya di Indonesia mencapai 20 miliar dollar AS. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada satu pun yang terealisasi. Sekarang bukan saatnya lagi untuk berbangga diri dengan segala hal yang berkaitan dengan seremoni. Investasi jangan diukur dari seremoninya, tetapi dari berapa lama dana benar-benar ditanamkan. Sebenarnya, pengusaha asing bukan tidak ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Hanya saja, mereka lelah karena iklim usaha yang sehat tidak pernah terpenuhi. Di dunia yang makin terbuka, pilihan untuk melakukan investasi begitu lebar. Jika Indonesia tidak mampu mempercantik diri, mereka segera berpindah ke negara lain. Tantangan itu kini berada di tangan kita, bukan pengusaha asing yang mau menanamkan modalnya di sini. Mampukah kita segera bertindak memperbaiki diri? Tanpa itu, lupakan semua janji investasi yang akan kita dapatkan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | 27 | Gagasan utama tajuk tersebut adalah … A. Pengusaha Jepang sudah lima kali investasi di Indonesia. B. Sekarang bukan saatnya lagi berbangga diri dengan segala seremoni. C. Pengusaha asing merasa lelah karena iklim usaha yang sehat tidak terpenuhi. D. Investasi jangan diukur dari seremoninya, tetapi berapa lama dana akan ditanam. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | 28 | Kalimat yang merupakan fakta pada kutipan tajuk tersebut terdapat pada …. A. kalimat pertama paragraf kesatu B. kalimat kedua paragraf kesatu C. kalimat pertama paragraf kedua D. kalimat kedua paragraf kedua | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | 29 | Pada kutipan tajuk tersebut, penulis berpihak kepada …. A. pemerintah Indonesia B. pemerintah asing C. pengusaha asing D. pengusaha Jepang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | 30 | Simpulan tajuk tersebut adalah … A. Rencana pengusaha asing menanamkan modalnya di Indonesia mencapai 20 miliar dolar AS. B. Investor asing akan pindah ke negara lain jika Indonesia tidak mmpu mempercantik diri. C. Di dunia yang makin terbuka, pilihan untuk melakukan investasi sangat lebar. D. Tantangan itu berada di tangan rakyat Indonesia, bukan pad apengusaha asing. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah | 12 | 33 | Jenis Barang dan Jumlah Barang yang Disita Polisi
Informasi yang sesuai dengan isi tabel adalah … A. Jumlah pil berbagai merek lebih banyak daripada jarum infus. B. Jumlah barang yang disita paling sedikit adalah obat suntik C. Jarum infus yang disita semuanya berjumlah 106 buah. D. Barang-barang tersebut akan diselundupkan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13 | 34 | Deskripsi yang tepat perjalanan dari SMP Kesuma menuju lokasi festival sesuaid enah tersebut adalah …. A. Rombongan kontingen seni menuju lokais keluar dari halaman sekolah melewati jalan Nusa Indah – Kenanga – Alamanda B. Dari halaman sekolah menuju lokasi rombongan kontingen seni melewati jalan Alamanda – Mawar – Melati C. Dari halaman sekolah rombongan kontingen seni keluar melalui jalan Alamanda – Mawar – Melati menuju lokasi D. Rombongan kontingen seni keluar dari halaman sekolah melalui jalan Alamanda – Mawar – Melati menuju lokasi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14 | 35 | Data Nilai Ujian Nasional SMP 04 Nusantara Berdasarkan grafik tersebut, pernyataan berikut yang benar adalah …. A. nilai rata-rata siswa 04 Nusantara pada tahun 2004 empat koma sembilan (4,9) B.nilai rata-rata tertinggi SMP 04 Nusantara terdapat pada tahun 2006 C. nilai rata-rata yang sama terdapat pada tahun 2003 dan 2005 D. nilai rata-rata 2005 lebih tinggi daripada tahun 2007 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16! MUSNAH Kuingin engkau pergi Pergi menjauh ke balik awan Engkau tak usah datang lagi Dulu kawan sekarang lawan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Menentukan unsur intrinsik puisi | 15 | 25 | Isi kutipan puisi tersebut adalah … A. Penyesalan seseorang terhadap masa kini yang tidak menguntungkan. B. Kekesalan seseorang karen atidak memperolah harta dan ilmu.C. Kesengsaraan hidup seseorang karena miskin ilmu miskin harta. D. Kasih sayang seorang kepada pembacanya. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16 | 26 | Citraan pada baris ke-2 kutipan puisi tersebut adalah …. A. penglihatan B. pendengaran C. perabaan D. perasaan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
17 | 5 | Puisi yang menggunakan rima bebas adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Menentukan unsur intrinsik cerpen | 18 | 6 | …. "Kau harus pulang ke Suka Ramai. Ayahmu benar. Kau telah memberi malu pada keluarga kita. Kau tidak boleh lagi datang ke rumah ini kalau tidak mau mengubah perangaimu!" Masir menangis keras. Kemudian kakek berpesan, "Tidurlah. Besok pagi kau kuantar ke Suka Ramai. Kau harus sekolah kembali. Sekolah dengan teratur. Sadarilah cucuku, ayah dan ibumu sangat susah kalau kau bodoh. Jangan buta huruf seperti kakek. Kakek menyesal karena lengah belajar di waktu kecil. Kakek inin kembali seperti anak-anak supaya dapat sekolah." Masir heran kenapa kakek berpesan demikian. Kakek melanjutkan, "Sesal kemudian tidak berguna, cucuku, selagi muda tuntutlah ilmu. Carilah pengetahuan sebanyak-banyaknya!" Masir terisak-isak. Kakek melanjutkan, "Kakek merasa malu pada gurumu. Gurumu menasihati kakek." "Kakek salah, selama ini memanjakan kau. Membiarkan kau merokok." Kakek menarik napas dalam-dalam. Insyaflah, cucuku! Tidak boleh manja lagi. Karakter tokoh cerita tersebut digambarkan melalui …. A. dialog tokoh B. penjelasan pengarang C. narasi pengarang D. ciri fisik tokoh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
19 | 7 | Dia menguakkan daun jendela, keluar, dan mempersilakan angin menyonsong masuk dengan leluasa di ruang yang pernah ua gunakan untuk kerja. Hari masih gelap, kokok ayam mengingatkannya pada persitiwa di kantornya. Beberapa saat ia terdiam diri dengan wajah cemas, seakan-akan benda yang tertutup di bawah kain putih itu Cuma pembawa bencana. Dia meninggalkan tempatnya berdiri, melongok ke beranda kalau-kalau koran sudah tergeletak di sana. Kemudian, ia datang lagi menenteng kemoceng. Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah …. A. ruang tamu B. ruang kerja C. beranda rumah D. ruang komputer | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 20 dan 21! Hal inilah yang mengganggu ketenteraman jiwa kawanku ketika surat Mathias yang diterimanya menyatakan bahwa korabn yang sleanjutnya adalah dari kawanku sendiri. Ia terlalu banyak tahu tentang dosa-dosa Mathias. Setiap malam kawanku itu menanti kedatangan Mathias, dengan memikirkan cara menghadapi Mathias. Sampailah akhirnya peristiwa itu. Mathia datang pada suatu malam, ketika hujan rintik-rintik dan kawanku itu menantinya. Suatu hal yang tak terduga Mathius, ialah ketika kawanku itu menyerahkan dirinya bulat-bulat untuk dia bunuh. Menerima hal yang tidak terduga ini, Mathias bersujud di kaki kawanku itu, menangis dan meminta ampun dan rela untuk diperlakukan apa saja. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
20 | 3 | Konflik kutipan cerpen tersebut adalah …. A. surat Mathoas yang mengabarkan korban selanjutnya B. penantian Mathias pada malam hariC. kedatangan Mathias ketika hujan rintik-rintik D. penyerahan diri kawanku pada Mathias | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
21 | 4 | Watak kawanku dalam cerita tersebut adalah …. A. peduli B. tabah C. cerdik D. santun | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel | Bacalah kutipan novel berikut kemudian jawablah pertanyaan 22 dan 23! Perkataan itu terdengar oleh sekalian isi kantor. Semua pesuruh berdiri dari bangku kedudukannya, emmandang Kosim tenang-tenang. Warna muka orang muda itu merah padam, matanya bersinar-sinar. Bukan main marahnya karena ia dihinakan. Ia pun berkata pula dengan gagap, "Saya bu … bukan bujang Juragan." "Aku kepalamu, tuanmu, tahu? Kepadaku engkau mesti minta izin jika hendak ke mana-mana dari kantor ini." "Keras kepala, bin …. Engkau! Ini manteri kabupaten, Materi Surya, mengerti? Awas …" Kosim gemetar, kedua bibirnya bertaut dan matanya terbelalak berapi-api. Ia melangkah menuju meja materi dan membulatkan tinjunya. Seketika itu juga tangannya dipegang oleh Suminta cepat-cepat lalu ia ditariknya keluar. "Sudah Juragan Kosim," katanya perlahan-lahan. Pergilah, ah … mana gelas itu Juragan Manteri? Saya cuci, saya beli kopi sekali?" Surya terdiam diri, dagunya gemelutuk karena berang. Sejurus antaranya ia pun memegang pena seakan-akan hendak berkerja. Akan tetapi tak dapat, hatinya masih berang. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22 | 41 | Amanat kutipan novel tersebut adalah …. A. Sewajarnya bawahan menenatang perintah atasannya B. Tidak seharusnya atasan menyuruh bawahan C. Jadilah pemuda yang berani menentang orang tua. D. Jadilah orang yang bijaksana! | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
23 | 42 | Nilai tradisi dalam kutipan novel tersebut adalah …. A. Siapa pun harus meminta izin bila meninggalkan ruang kerja B. Seorang anak buah tidak harus hormat dan patuh kepada atasan C. Seorang atasan harus berani dan sering menegur bawahannya D. Menentang perintah atasan apabila tidak berkenan di hati | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
24 | 39 | Kutipan 1 "Tak usah engkau selalu mengeluh juga, Edah," ujarnya kepada istrinya, sedang duduk petang hari di beranda rumahnya. "Kalau sudah keluar surat pengangkatan Akang jadi juru tulis, tentu juru tulis kelas 1, tak perlu kita disokong ayah dari Tasik lagi. "Akang, jangan mengharap bintang jatuh. Pikir nyatanya." Kutipan 2 "Ah, haruskah kita pedulikan perasaan-perasaan orang itu terhadap kepada perkawinan kita?" kata Corry. "Apakah kita minta makan kepada mereka? Jika tidak suka bergaul dengan kita, biarlah! Asal antara suami dan istri boleh hidup berkasih-kasihan dan beramah-ramahan; dunia yang seluas ini tidak akan sempit bagi orang yang tersisih itu." Perbedaan karakter tokoh pad akedua kutipan cerita tersebut adalah …. A. Akang tidak realistis sedangkan Corry tidak takut B. Akang tidak realistis sedangkan Corry tidak peduli C. Akang tidak sabar sedangkan Corry tidak takut D. Akang tidak sabar sedangkan Corry tidak peduli | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | Menentukan unsur intrinsik drama | Bacalah kutipan teks drama berikut kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 26! Rabu siang Mang Ayup berjualan gorengan di pinggir jalan raya Ciputat.
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
25 | 15 | Bukti bahwa Mang Ayup berwatak hemat terdapat pada dialog bertanda nomor ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
26 | 16 | Suasana yang tergambar pada kutipan drama tersebut adalah …. A. menyenangkan B. mengharukan C. memprihatinkan D. menggembirakan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama. | 1 | Menulis catatan pengalaman pada buku harian | 27 | 8 | Pada hari Sabtu, 16 April 2007, aku tidak mengerjakan PR Matematika, karena lupa. Selain itu, karena mengantuk ,ala, itu. Guru yang mengajar Matematika sangat disiplin. Siswa yang tidak mengerjakan PR disuruh mengerjakannya di lapangan upacara. Aku malu sekali saat itu. Tulisan di buku harian yang tepat berdasarkan ilsutrasi tersebut adalah ….. A. Aku sangat malu pada saat pelajaran Matematika karena lupa tidak mengerjakan PR B. Pada hari Sabtu, 16 April 2007, aku lupa tidak mengerjakan PR Matematika C. Sabtu, 16 April 2007 aku malu seklai disuruh mengerjakan PR di lapangan upacara oleh guru Matematika karena lupa tidak mengerjakan PR D. Aku disuruh mengerjakan PR Matematika di lapangan upacara karena lupa tidak mengerjakan PR | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks | 31 | 45 | OSIS sekolahmu akan mengadakan pertandingan sepak bola antarkelas. Ketua OSIS mengimbau kepada ketua seksi OR agar segera membuat jadwal pertandingannya di luar jam sekolah. Memo yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut …. A. Supaya membuat jadwal pertandingan sepak bola antarkelas B. Mohon membuat jadwal pertandingan antarkelas di luar jam sekolah C. Diharap membuat jadwal pertandingan sepak bola antarkelas secepatnya D. Dimohon dengan hormat membuat jadwal pertandingan sepak bola antarkelas. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Menulis/menentukan paragraf laporan | 32 | 46 | Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KKIR) SMP Permata mengadakan kunjungan ke Pabrik Tempe Serba Usaha di desa Sukajadi. Maksud kunjungan mereka melihat proses pembuatan tempe. Laporan yang tepat berisi pembuatan tempe adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Menulis/melengkapi surat pribadi | 28 | 9 | Sahabatku Ardian Maulana di Jakarta Salam kangen, ………………………………………………… ………………………………………………………… Ardian, sebentar lagi liburan semester. Aku berencana berlibur ke rumah Paman di Jakarta. Kalau biasa aku mampir ke rumahmu. Boleh, ya? Bagaimana nilai rapor semester 2 ini? Nilaimu baik semua, ya? Dulu kamu selalu mendapat peringkat 1. Semoga sekarang nilai rapormu baik. Di Jakarta nanti kita jalan-jalan, ya? Kenalkan aku dengan tempat-tempat yang menarik. Kalimat pembuka surat pribadi yang tepat adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
29 | 10 | Oh, ya, Tuti bagaimana kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu? Apakah kamu ikut ekstrakurikuler? Kalau aku masih seperti dulu. Masih aktif dalam Pramuka. …………………………………………………… ……...………………………………………………… Salam manis, Puput Kalimat penutup surat yang tepat agar Tuti segera membalas surat Puput adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Menulis/melengkapi surat resmi | 30 | 11 | …………………………………, kami mohon Bapak mengizinkan kamu menggunakan ruang serba guna SMP Bakti untuk keperluan tersebut pada hari, tanggal : Sabtu, 30 Juni 2007 waktu : pukul 08.00 s.d. 17.00 Demikianlah permohonan ini kami sampaikan. Atas izin yang Bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih. Kalimat yang tepat sebagai pembuka surat tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Menulis/menentukan rangkuman | 34 | 13 | Makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan adalah jenis makanan yang berkualitas. Ini berartu kita harus mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Membatasi konsumi protein hewani, serta mengurangi konsumsi gula dan camilan yang manis-manis. Anda juga perlu memastikan tubuh Anda cukup mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rangkuman bacaan tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Menulis/menentukan slogan | 35 | 14 | SMP Harapan mengadakan acara pentas seni dalam rangka syukuran melepas siswa kelas IX yang telah berhasil lulus ujian tahun 2007. Kalimat slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
36 | 40 | Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Karang Taruna Pondok Melati mengajak para remaja memerangi Narkoba. Poster yang dibuatnya tertulis: Denhan perang melalui Narkobaa kita tingkatkan prestasi. Perbaikan yang tepat kalimat poster tersebut adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu | 33 | 12 |
Urutan kalimat petunjuk mengokulasi tanaman mangga yang tepat adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Menulis/melengkapi kutipan pidato | 39 | 24 | Pada acara perpisahan purnastudi di sekolah, Rosa mewakili teman-teman kelas IX menyampaikan pidato perpisahan. Hadir pada acara itu orang tua siswa, kepala sekolah, guru-guru, dan semua siswa. Acara diselenggarakan secara resmi di aula sekolah. Bagian teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
40 | 36 | Mengapa kita perlu disiplin dalam menjaga kebersihan? Sungguh sangat jelas sekali bahwa kebersihan menimbulkan. Selain itu, kebersihan juga menimbulkan keindahan. Perbaikan kalimat teks pidato bercetak miring tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah) | 41 | 49 | Kelangkaan pupuk memang sempat terjadi sejak akhir Desember lalu. Penyebab kelangkaan itu adalah kerusakan yang terjadi di pabrik pupuk. Akibatnya, petani di beberapa daerah kesulitan memperoleh urea. Kelangkaan pupuk harus cepat diatasi agar tidak merugikan petani. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
42 | 50 | Lembaga Kesehatan Masyarakat di Finlandia telah melakukan riset selama 25 tahun terhadap kebiasaan makan hampir 10.000 penduduk. Orang-orang yang paling banyak menyantap buah-buahan dan sayuran segara berisiko paling kecil terhadap penyakit apa pun. Contohnya, penduduk yang menghabiskan lebih banyak buah apel risikonya mengidap penyakit kronis seperti kanker paru-paru, merosot 20-60 persen. Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata | 49 | 22 | (1) Pemerintah telah melakukan langkah strategis untuk mengembangkan kreativitas siswa. (2) Langkah tersebut misalnya memfasilitasi berbagai lomba, sayembara, kompetisi, atau olimpiade. (3) Negara-negara maju telah mengembangkan kreativitas penduduknya lebih dini. (4) Kegiatan semacam itu sangat membantu pelajar dan mahasiswa untuk memiliki mental kompetitif. (5) Mereka akan mendorong untuk terus berkreasi serta mengeksplorasi bakat. Kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut ditandai nomor ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
50 | 23 | Banyak upaya dilakukan untuk memadamkan api. Para petugas pemadam kebakaran merobohkan rumah-rumah yang tidak terbakar di jalur api guna menghentikan penyebaran api. Hal itu tidak disukai oleh para penghuni yang rumahnya tidak tersentuh api. Banyak di antara mereka yang bahkan tidak menyadari bahwa rumah mereka sedang berada dalam bahaya. Perbaikan yang tepat terhadap kalimat yang dicetak miring adalah ...
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12 | Menulis/melengkapi pantun | 43 | 37 | Perhatikan pantun berikut ini! Bunga melati beli di pekan Tiga kuntum sungguhlah indah Apa gerangan yang dipikirkan Sedari tadi terlihat susah Jawaban pantun tersebut yang tepat adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
44 | 38 |
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13 | Menulis/melengkapi puisi | 45 | 31 | Peristiwa pagi itu tak mungkin terlupakan oleh Tati dan keluarganya yang tinggal di Bantul, Yogyakarta. Wakti itu terjadi gempa hebat, yang mengakibatkan ribuan bangunan gedung dan rumah rata dengan tanah, dan ribuan orang luka parah dan kehilangan nyawa. Rumah Tati juga hancur. Kakek dan neneknya tewas, ayah, ibu, adiknya, dan dia sendiri luka-luka cukup parah dan mengalami patah tulang akibat tertimpa reruntuhan rumah. Puisi yang sesuaid engan peristiwa dalam ilustrasi tersebut adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
46 | 32 | Rembulan nanar menatap atap Hilang berpendar-pendar … (1) Tertegun sejenak tetap tertangkap Pulang kembali hamba …. (2) Agar menimbulkan irama tertentu, kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14 | Menulis/melengkapi drama | 47 | 1 | Langit mengendap. Matahari sembunyi. Seorang intel memberi laporan situasi kejadian kepada komandannya. "Ya, betul, Komandan, ia memang Semar. Ciri-cirinya cocok. Kulitnya putih seperti kulit sapi. Ia pakai sarung. Telinjuknya menuding ke atas seperti dalam wayang orang, tapi kali ini ia kelihatan marah." "Tapi ia memang Semar bukan?" "Memang Semar, Bos." "Hus …. Bas-bos, bas-bos, Komandan!" "Siap! Memang Semar, Komandan!" "Betul-betul Semar?" "Asli!" "Kalau begitu, saya juga mau lihat, ah!" Komandan itu sudah mau berangkat ketika handphone-nya bertulililit. Teks drama yang sesuai dengan cerpen tersebut adalah ….
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
48 | 2 |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar