Minggu, 01 November 2009

Resensi Buku



Judul Buku : KAKILANGIT KESUMBA
Penulis            : Ambarwati, dkk..
Penyunting     : Soekoso DM & Maskun Artha
Penerbit          : Kelompok Peminat Seni Sastra KOPISISA Purworejo
Tahun Terbit  : Oktober 2009
Tebal Buku     : 88 halaman



Buku ini diterbitkan secara khusus untuk menandai Ulang Tahun ke-30 Kelompok Peminat Seni Sastra KOPISISA Purworejo, sekaligus untuk mendokumentasikan karya penyair-penyair Purworejo. Dengan dibubuhi pesan selintas dari (Plt) Bupati Purworejo dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Purworejo kehadiran buku ini menyiarkan semboyan KOPISISA Purworejo yaitu “seni mengutuhkan hidup manusia, sastra memperluas cakrawala”
Secara garis besar, buku ini merupakan antologi (kumpulan puisi) yang ditulis oleh 26 penyair asal kota Purworejo masing-masing dengan 3 puisi pilihannya. Adapun, isi puisi-puisi pada Kakilangit Kesumba sebagaimana telaah & kesan sekilas Atas Danusubroto pada halaman akhir buku saya nukilkan sebagian berikut : “… Ketika saya berusaha masuk ke KAKILANGIT KESUMBA, ternyata di sana terlihat seperti warna-warna pelangi. Warna-warna itu membentuk deretan panjang dan melengkung. Sedang pada setiap warna akan terbaca nuansa kegundahan, kecemasan, kekhawatiran, keprihatinan dan sekaligus warna tentang harapan. Kemudian warna-warna itu menyentuh Tuhannya, bangsanya, kebudayaan bangsanya, warna cintanya. Sedang warna-warna itu kian dipahami akan terpantul dan tampak sangat nyata. …”  
Buku ini telah diluncurkan di Purworejo pada tanggal 28 Oktober 2009 dengan mengundang berbagai kalangan atara lain dari unsur pemerintahan, pers, sastrawan, ahli sastra, tokoh-tokoh pendidikan, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Apapun isi buku ini telah diluncurkan, sehingga akan mewarnai sastra lokal maupun nasional, utamanya mendukung pengajaran sastra lokal di sekolah menengah khususnya di Kabupaten Purworejo.
Untuk mendapatkan buku ini dapat menghubungi Radio Irama FM Jln. A. Yani 13 Purworejo 54111
atau  ke Gg. Potrowijayan I No. 6-A Pangenrejo, Purworejo 54115 Telp (0275) 322650.


Tidak ada komentar: