Kamis, 15 Oktober 2009

Lomba Bahan Ajar Mandiri LPMP Jateng

http://agupenajateng.net/

Oleh Deni Kurniawan Asari
pameran1Sewaktu menghadiri Silaturahmi dan Rapat Koordinasi Agupena Jateng, Ahad/11 Oktober kemarin, saya diberitahu teman LPMP Jateng, bahwa akan ada lomba yang diselenggarakan LPMP untuk para guru di Jawa Tengah. Lomba itu ternyata terkait dengan pembuatan bahan ajar berbantuan komputer. Hadiahnya pun lumayan oke, yakni sebuah laptop, sertifikat, uang segepok dan piala. Saya sendiri pada tahun 2007 sempat mengikuti acara model ini karena termasuk yang waktu itu dipanggil untuk presentasi. Tahun ini rupanya lomba itu ada lagi dengan hadiah yang lebih menarik dan tentunya saingan yang lebih ketat mengingat sebagian para guru telah familiar dengan dunia teknologi untuk pembelajaran.
RASIONAL
“Inovasi tiada henti” itulah yang perlu dilakukan dunia pendidikan saat ini. Inovasi tersebut merupakan jawaban terhadap tantangan perubahan yang mengglobal dalam segala bidang, termasuk pendidikan. Bentuk inovasi yang sangat penting dalam dunia pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi berbantuan komputer di bidang pembelajaran. Harapan yang ingin dicapai adalah terjadinya transformasi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Mewujudkan ke arah tersebut perlu modifikasi-modifikasi pembelajaran yang dilakukan guru secara kreatif, inovatif, relevan dan menyenangkan.
Tantangan guru pada saat ini sungguh sangat luar biasa. Guru tidak hanya disibukkan dalam aspek pembelajaran, tetapi juga mengurus administrasi, pengembangan profesi bahkan sampai pemenuhan syarat sertifikasi. Aktivitas tersebut menyita waktu dan tenaga bagi guru, sementara tanggung jawab yang paling besar bagi guru adalah melaksanakan pembelajaran bersama siswa agar siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.
Menyikapi konsekuensi logis yang dihadapi guru tersebut, LPMP Jawa Tengah sesuai dengan tugas dan fungsinya berusaha mencari terobosan baru sebagai bentuk peningkatan mutu pendidikan melalui lomba Lomba Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Mandiri berbantuan Komputer/ Multimedia.
Lomba tersebut diharapkan memberikan motivasi dan penghargaan kepada guru atas dedikasinya dalam bidang pembelajaran selama ini. Guru menjadi lebih diperhatikan dan dituntut untuk maju, sebab hanya melalui jasa guru pendidikan berkualitas dapat diwujudkan.

BAHAN / MEDIA:

Bahan Ajar Mandiri berbantuan Komputer/ Multimedia bagi siswa adalah bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompentensi dasar tertentu, yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi (Powerpoint , Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Fox Pro dll) dan atau bahasa pemograman (Visual Basic, Clipper dll)

PESERTA

· Guru SD/SMP/SMA/SMK dan yang sederajat
· Lomba Bersifat Perorangan
· Unit kerja Peserta Lomba berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah

PERSYARATAN KARYA

· Mencantumkan kurikulum yang digunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta petunjuk pengunaan program .
· Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran SD/SMP/SMA/SMK dan Sederajat.
· Disajikan dengan mengunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.
· Dilengkapi dengan petunjuk pengunaan program dalam 2 bentuk sajian, yaitu print out dan CD.
· Karya Original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan diatas meterai.
· Bila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
· Hasil karya dikemas dalam format CD
· Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila layak dan mendapat panggilan untuk presentasi menjadi hak milik LPMP Jawa Tengah.

DESAIN CD INTERAKTIF (MULTIMEDIA)

· Judul
· Tujuan Pembelajaran
· Apersepsi
· Uraian yang Komunikatif
· Contoh, Analogi atau Ilustrasi, serta Simulasi yang Relevan dan Kontekstual
· Latihan, Tes, dan Umpan Balik Korektif secara Kreatif
· Relevansi dan Kosistensi Antara Latihan/Tes dan Materi dengan Tujuan Pembelajaran
· Interaktifitas
· Efektif dan Efisien dalam Pengembangan Maupun Penggunaan Multimedia Pembelajaran
· Mudah Digunakan dan Sederhana dalam Pengoperasiannya (Usabilitas).
· Ketepatan Pemilihan Jenis Aplikasi/Software/Tool untuk Pengembangan

PENDAFTARAN
· Mengisi Formulir yang sudah disiapkan di Bidang Pemetaan Mutu dan Supervis (PMS) LPMP Jawa Tengah, atau melalui Website LPMP Jawa Tengah
· Persyaratan karya disertakan dalam amplop ukuran folio, ditujukan pada Panitia Lomba Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Komputer (Bidang PMS) LPMP Jawa Tengah.
· Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos ke Panitia Lomba.
· Pendaftaran Gratis tanpa dipungut biaya
· Pendaftaran dan pengiriman naskah paling akhir 1 Desember 2009

KEGIATAN LOMBA

· 150 Peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba akan dipanggil di LPMP Jawa Tengah pada tanggal 14 s.d. 15 Desember 2009, untuk mempresentasikan bahan ajarnya.
· Bila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.
· Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan.
· Biaya Akomodasi dan Konsumsi selama di LPMP Jawa Tengah ditanggung oleh Panitia Penyelenggara (LPMP Jawa Tengah)
· Ketentuan/ keputusan Juri tidak bisa digangu gugat

HADIAH

Jenjang TK/SD
1. JUARA UMUM : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
II. JUARA II : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
III JUIARA III : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
Jenjang SMP/SMA/SMK
1. JUARA UMUM : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
II. JUARA II : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
III JUIARA III : NOTEBOOK, PIALA, SERTIFIKAT + Uang Pembinaan
Informasi selanjutnya hubungi website kami di www.lpmpjateng.go.id dan
E-mail : lpmp-jateng@lpmpjateng.go.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Contact Person: Aris Ristiyanto: 08122919254, Hendang : 081325756865
SEKRETARIAT LOMBA
BIDANG PEMETEAAN MUTU DAN SUPERVISI (PMS)
LPMP JAWA TENGAH
JL. KYAI MOJO SRONDOL KULON SEMARANG
Tlp. 024 70781486, Fax 024 7479261
Email lpmp-jateng@lpmpjateng.go.id 

3 komentar:

Rinoto mengatakan...

Bagus adakan terus,yang udah pernah juara tidak diperkenanakan ikut lomba lagi di beri ajang tersendiri,beri keempatan yang lain.OKE !

mastaya mengatakan...

Ayo buktikan kalau kita bisa, OK?

mastaya mengatakan...

Buktikan kalau kita bisa! OK?