Senin, 27 Juni 2011

Kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Purworejo

PEMBUKAAN KEGIATAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA SE KABUPATEN PURWOREJO

Hari ini Senin, tanggal 27 Juni 2011 merupakan hari pertama kegiatan Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru SMP Bidang Studi Bahasa Indonesia Se-Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama dua hari yaitu Senin tanggal 27 sampai Selasa tanggal 28 Juni 2011 di Hotel Plaza Purworejo.
Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta terdiri dari perwakilan Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo. Dalam sambutannya Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Drs. Widada, M.Hum. menyampaikan bahwa inti dari kegiatan ini adalah Sosialisasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 khususnya tentang Bahasa dan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia.

Sementara itu ketika membuka kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Drs. Bambang Aryawan, M.M. mengimbau agar peserta proaktif, karena berdasarkan pengalaman setiap ada kegiatan pelatihan semacam ini tidak ada tindak lanjut yang signifikan di antara para guru. Di samping itu beliau berpesan agar setiap guru melaksanakan lima tugas pokok guru, yaitu Merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi, dan mengadakan tindak lanjut hasil evaluasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dalam analisis hasil evaluasi sekaligus melaksanakan pendataan untuk menulis karya ilmiah.


Dalam kegiatan awalnya yaitu sosialisasi Undang-Undang Kebahasaan, Drs. Widada, M.Hum menekankan agar kita menjunjung tinggi Bahasa Indonesia. Sebagai contoh beliau menguraikan pasal 37 ayat 1 dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 yang berbunyi Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam informasi tentang produk barang atau jasa produksi dalam negeri atau luar negeri yang beredar di Indonesia.

Tidak ada komentar: